Mengenalkan Dunia Profesi Polisi Pada Anak

Mengenalkan Dunia Profesi Polisi Pada Anak

(Jum’at 11/01/2019) Taman Pengembangan Anak Makara (TPAM) Fakultas Psikologi Universitas Indonesia hari itu kedatangan tamu istimewa, yakni Bapak dan Ibu polisi. Kunjungan Polisi ke TPAM termasuk ke dalam bagian pembelajaran yang dirancang oleh Pengajar di TPAM. Ya, sesuai dengan tema kegiatan TPAM semester ini, yaitu mengenal profesi petugas keamanan, salah satunya polisi lalu-lintas. Melalui kegiatan ini, anak-anak mengenal dan berinteraksi langsung dengan polisi. Pak polisi pun memberi penjelasan bahwa polisi adalah sahabat anak, yang membantu mengatur lalu-lintas atau penyeberang jalan. Jadi anak-anak tidak perlu takut dengan bapak dan ibu polisi.

Beberapa anak menyambut antusias, ada yang bersalaman dengan pak polisi, minta dipangku bahkan minta digendong ibu polisi. Mereka asyik berinteraksi dan tertawa bersama. Sebagian anak yang lain ada yang diam saja, mengamati bapak dan ibu polisi, ada pula yang menangis tidak mau bersalaman dengan pak polisi.

Ketika aktivitas dibuka, bapak ibu polisi dengan ramah dan antusias mengajak anak-anak bernyanyi bersama dan bermain tebak arti rambu lalu-lintas. Suasana mencair dan anak-anak pun bergembira beraktivitas bersama bapak dan ibu polisi dari Polres Depok pagi itu.

Di akhir kegiatan, anak-anak mendapat kesempatan bermain peran tentang situasi lalu-lintas. Ada yang menjadi polisi lalu-lintas lengkap dengan seragam dan pluitnya, ada yang menjadi pengendara mobil, ada pula yang menjadi penyeberang jalan. Beberapa rambu lalu-lintas karya anak-anak pun terlihat turut meramaikan dekorasi dan selasar TPAM. Di sudut yang lain ada anak yang ditilang karena tidak mengenakan helm saat berkendara motor. Semoga kelak anak-anak dapat menjadi polisi yang baik dan pengendara atau pengguna jalan yang taat aturan lalu-lintas. Terima kasih atas kunjungannya bapak dan Ibu polisi!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *