Temu Kangen Keluarga Alumni dan Anggota Taman Pengembangan Anak Makara (TPAM)

Temu Kangen Keluarga Alumni dan Anggota Taman Pengembangan Anak Makara (TPAM)

Kecil-kecil alumni UI!

Ya, teman-teman kecil lulusan TPAM angkatan 2008-2018 nostalgia sambil melakukan aktivitas seru bersama keluarga pada hari Minggu, 25 November 2018, di Fakultas Psikologi UI. Tidak hanya anak-anak, para orangtua, staf yang pernah bekerja di TPAM, koordinator TPAM terdahulu, para konsultan TPAM dari Fakultas Psikologi, Fakultas Kedokteran, Fakultas Kedokteran Gigi, dan Fakultas Ilmu Keperawatan UI, hingga para perintis TPAM pun hadir dalam temu kangen TPAM satu dekade ini.

TPAM adalah model daycare untuk anak usia 20 bulan sampai 5 tahun. TPAM juga berperan sebagai laboratorium pendidikan dan perkembangan anak usia dini. TPAM didirikan pada tahun 2008 di area Fakultas Psikologi UI Depok atas kerjasama Fakultas Psikologi, Fakultas Kedokteran, Fakultas Kedokteran Gigi, dan Fakultas Ilmu Keperawatan UI. Pada tahun 2013, TPAM membuka layanan kelompok bermain untuk usia 2-5 tahun.

Program TPAM sarat dengan stimulasi dan pendidikan, yang dirancang berdasarkan kaidah-kaidah psikologi perkembangan dan pendidikan anak, kesehatan, dan tumbuh kembang balita. Program ini diterapkan bersama orangtua melalui metode bermain sambil belajar yang menyenangkan untuk optimalisasi perkembangan aspek fisik-motorik, kognitif, dan sosial-emosi, serta kemandirian anak.

Sejak tahun 2015, TPAM juga konsisten mengadakan Pelatihan Pendidik Anak Usia Dini di Daycare secara berkala untuk berbagi dan belajar bersama orang-orang dan institusi yang mengembangkan daycare agar bermunculan daycare-daycare yang berkualitas. Kini dengan tagline baru, “Kecil-kecil Sekolah di UI“, TPAM juga membuka peluang kerjasama bagi lembaga pendidikan anak usia dini dalam memberikan program pelatihan dan pendampingan.

Temu Kangen dibuka dengan kegiatan fun walk dengan rute Fakultas Psikologi ke arah FIB dan berhenti di depan Perpustakaan Pusat UI untuk fun games bersama tim TPAM. Semua peserta dibagi menjadi dua lingkaran dan bermain lomba pindah sarung. Anak-anak dan para orangtua bergandengan tangan dan harus memindahkan sarung secepat mungkin tanpa melepas pegangan tangan. Setelah selesai, fun walk dilanjutkan kembali ke Fakultas Psikologi melalui Fakultas Hukum. Selanjutnya, peserta dipersilakan menyantap snack yang disediakan sambil beristirahat sejenak.

Tepat pukul 09.30, semua peserta berkumpul di Aula Gd. Dekan Fakultas Psikologi, Dr. Tjut Rifameutia Umar Ali, M.A., Psikolog membuka acara ini. Koordinator TPAM, Ibu Efriyani Djuwita, S.Psi., M.Si., Psikolog turut memberi sambutan. Beliau mengatakan bahwa Temu Kangen ini diadakan sebagai bentuk apresiasi TPAM kepada semua pihak yang telah membantu dan mengembangkan TPAM. Hadir pula Wakil Dekan Bidang Pendidikan, Penelitian dan Kemahasiswaan Fakultas Psikologi UI, Prof. Sri Hartati R. Suradijono, M.A., Ph.D, serta Dr. Soemiarti Patmonodewo, Dr. Rose Mini Agoes Salim, M.Psi. dan drg. Hendrarlin Soenawan, Sp.KGA(K) sebagai perintis berdirinya TPAM. Beberapa konsultan TPAM yang hadir pada Temu Kangen ini adalah Dra. Dini P. Daengsari, M.Si., Mita Aswanti Tjakrawiralaksana, S.Psi., M.Si., Psikolog., Cut Nurul Kemala, B.A. (Honours), S.Psi., M. Psi., Dr. Eva Fauziah, drg., Sp. KGA (K), Dr. Nieka Adhara Wahono, drg., Sp.KGA(K), Fathia Adani Harsya perwakilan Elfi Syahreni, S.Kp., M.Kep., Sp. Kep. (alm.), dan dr. Roy Amardiyanto, Sp. A(K). Luh Surini Yulia Savitri, M.Psi., dan Rini Hildayani, S.Psi., M.Si., koordinator TPAM terdahulu hadir pula dalam acara ini.

Kegiatan Temu Kangen dilanjutkan dengan talk show “Bakat Si Anak Tangguh” yang disampaikan oleh Dr. Rose Mini Agoes Salim, M.Psi sebagai narasumber dan bintang tamu Muhammad Fadlan Ridzal, yang merupakan alumni TPAM tahun 2010 dan kini tengah menekuni seni peran. Ia telah membintangi drama musikal Sherina dan film anak berjudul Kulari ke Pantai. Pada talk show ini dibahas bagaimana orangtua belajar dan mengarahkan anak untuk mengenali bakatnya. Satu yang tak kalah penting adalah bagaimana anak belajar mengenali dirinya, membangun rasa percaya diri dan senang belajar, sehingga dapat menggali dan mengembangkan potensi dirinya kelak.

Dengan diselenggarakannya acara Temu Kangen ini, diharapkan komunikasi serta kerjasama antara TPAM, orangtua, dan konsultan dapat terjalin lebih baik lagi, dan semoga di tahun-tahun mendatang, TPAM dapat terus meningkatkan kualitas, serta bermanfaat bagi banyak orang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *