Keanggotaan

Keanggotaan TPA Makara (Day Care) dan Kelompok Bermain

Prosedur keanggotaan:
1. Menghubungi TPAM 021 78881082 atau whatsapp 08128256775 untuk mendapat jadwal trial
2. Periksa kesehatan bagi yang ingin masuk ke Day care
3. Daftar ulang dengan melunasi biaya keanggotaan dan menyerahkan berkas-berkas.

Penjelasan Trial:

Di TPAM, kegiatan trial hanya dilakukan selama 1 hari (pukul 8.00 – 16.00). Tujuan dari kegiatan ini adalah memperkenalkan lingkungan dan kegiatan-kegiatan yang berlangsung di TPAM pada anak dan juga orangtua. Orangtua ikut serta dalam setiap kegiatan anak, seperti kegiatan di dalam kelas, kegiatan di luar kelas, tidur, makan, bermain bebas, maupun memandikan anak.

Pada saat trial, anak wajib didampingi oleh orangtua selama anak berada di TPAM. Alasan yang mendasarinya adalah TPAM merupakan tempat yang asing bagi anak, begitupula guru-gurunya. Selama ini, tempat yang paling aman dan nyaman bagi anak adalah rumah. Sedangkan, orangtua adalah orang yang memberikan rasa aman dan nyaman. Ketika anak pertama kali ke TPAM, pada umumnya anak akan merasa tidak nyaman bahkan merasa takut, walaupun perilaku yang ditampilkan anak bisa berbeda-beda. Ada yang diam dan melihat sekelilingnya sendiri, tidak mau lepas dari orangtua, atau menangis. Peran orangtua pada saat itu adalah menjembatani rasa nyaman dari rumah ke TPAM. Caranya bisa bermacam-macam, seperti memberikan keterangan tentang apa yang guru dan teman-temannya sedang lakukan atau mendampingi anak saat mau mengikuti kegiatan, bahkan membujuk untuk ikut melakukan kegiatan saat anak tidak mau. Untuk memberi kesempatan pada orangtua untuk melakukan hal di atas secara optimal, para guru akan mengajak anak baru untuk mengikuti kegiatan, namun tidak boleh memaksa anak apabila anak tidak mau. Pada saat tidur siang, anak diijinkan untuk ditemani oleh orangtua di kamar tidur.

Apabila proses adaptasi ini berlangsung dengan baik, diharapkan anak bisa memperluas rasa aman dan nyamannya dari rumah ke sekolah. Apabila anak sudah diterima di TPAM (setelah pemeriksaan kesehatan), maka anak boleh ditemani orangtua atau pengasuh dari rumah maksimal 1 bulan atau 8 x pertemuan (tergantung lama/tidaknya proses anak beradaptasi dengan lingkungan baru).

Perlengkapan yang dibawa saat trial:
Kebutuhan dan perlengkapan pribadi anak yang harus dibawa saat trial: minimal 3 pasang baju ganti yang nyaman untuk berkegiatan dan tidur, susu, snack dan lauk makan siang anak (nasi disediakan TPAM), handuk dan perlengkapan mandi.

Jika berminat, orangtua dapat mendaftarkan anak untuk mengikuti pemeriksaan kesehatan awal yang akan dijadwalkan oleh TPAM.

Keanggotaan Kelompok Bermain

Trial akan tetap dibuka selama quota masih tersedia. Lama trial selama 2 jam. Orangtua mendampingi anak selama trial dan membawa perlengkapan anak seperti snack/ makan siang, baju ganti 1 pasang, dan air minum.

We usually reply with 24 hours except for weekends. All emails are kept confidential and we do not spam in any ways.

Thank you for contacting us :)

Enter a Name

Enter a valid Email

Message cannot be empty

X