Pelatihan Pendidik Anak Usia Dini batch 5

Taman Pengembangan Anak Makara (TPAM) mengadakan kembali kegiatan Pelatihan untuk Pendidik Anak Usia Dini di Daycare pada tanggal 15 – 19 Mei 2017. Pelatihan yang diadakan untuk ke 5 kali nya sejak tahun 2015 masih diminati oleh pemiliki, pendidik, pemerhati anak, dan pengasuh anak di Daycare. Peserta kali ini berjumlah 4 orang terdiri dari 2 guru yang berasal dari Yayasan Pendidikan di Sampit, Kalimantan Tengah dan 2 orang dari Daycare di Depok.
Selama 5 hari peserta dipandu oleh para praktisi dan pendidik anak di TPAM yaitu Betti Astriani, S.Psi., M.Si. ; Maulida Kurniasari, S.Hum., M.Psi.T. ; dan Rosana Yuniasih, S.Psi; di bawah Penangungjawab Kegiatan dan Koordinator TPAM, Luh Surini Yulia Savitri, M.Psi. Hari pertama dan kedua, peserta mendapatkan materi tentang konsep Daycare; peran caregiver; aspek perkembangan fisik kognitif dan sosial emosi; metode observasi dan wawancara; teori bermain, makan, tidur, temper tantrum, dan toilet training. Hari ketiga, peserta melakukan observasi, berinteraksi dengan anak dan latihan menulis hasil observasi secara deskriptif. Hari keempat, peserta melakukan observasi dan interaksi kembali dengan anak lalu latihan merancang kegiatan harian. Hari kelima, peserta praktek memimpin kegiatan anak, merancang konsep Daycare lalu dipresentasikan. Peserta sangat aktif saat diskusi dan saling memberikan umpan balik untuk peserta lainnya.
Di akhir acara peserta menyampaikan kepada panitia bahwa kegiatan ini sangat positif, memberikan gambaran bagaimana Daycare yang seharusnya, mendapatkan banyak masukan dari para praktisi dan peserta lain tentang rancangan Daycare yang akan dibuat maupun yang sudah berjalan, serta menambah informasi dan pengalaman tentang Daycare di kota lain.
Semoga Pelatihan ini dapat terus berjalan dan dapat menciptakan Daycare yang berkualitas. [BA]

We usually reply with 24 hours except for weekends. All emails are kept confidential and we do not spam in any ways.

Thank you for contacting us :)

Enter a Name

Enter a valid Email

Message cannot be empty

X