Sejarah

Perubahan jaman menyebabkan perubahan tatanan keluarga masyarakat di kota besar. Semakin banyak orangtua yang memutuskan untuk bekerja sehingga menyebabkan permasalahan baru, yaitu kepada siapa anak akan dititipkan. Tingkat kepercayaan orang tua dan rasa aman dalam menitipkan anak kepada pengasuh mulai berkurang. Depok sebagai salah satu kota yang sedang berkembang dengan penduduk yang cukup bervariasi, termasuk keluarga muda membutuhkan suatu fasilitas tempat penitipan anak.

Pembangunan Taman Pengembangan Anak Makara di Depok didasari dengan semangat pengabdian kepada masyarakat. TPA Makara mencoba mengintegrasikan beberapa bidang keilmuan, dari psikologi, kedokteran, kedokteran gigi dan ilmu keperawatan demi meningkatkan kualitas generasi penerus bangsa. Hal ini terwujud dengan berdirinya TPA Makara pada tahun 2007 di Fakultas Psikologi Universitas Indonesia.

Taman Pengembangan Anak Makara (TPAM) adalah model taman penitipan anak yang sesuai dengan kaidah ilmu kesehatan dan psikologi untuk anak usia 1 tahun 8 bulan hingga 4 tahun. TPAM didirikan oleh Fakultas Psikologi pada tahun 2008, bekerja sama dengan Fakultas Kedokteran, Fakultas  Kedokteran Gigi, dan Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia. TPAM merupakan laboratorium perkembangan dan pendidikan anak sebagai wujud kontribusi civitas akademika kepada masyarakat khususnya lingkup balita.

Tahun 2013 TPAM membuka program baru yaitu Kelompok Bermain untuk usia 2-4 tahun. Program ini dikembangkan pula oleh tim dari Fakultas Psikologi UI yang sesuai dengan aspek-aspek perkembangan anak usia dini. Program TPAM sarat dengan stimulasi dan pendidikan bagi anak balita. Program-program ini diterapkan bersama orangtua melalui metode belajar sambil bermain dan lebih menekankan kepada bagaimana proses anak menjadi anak yang sehat, ceria, terampil, bersahabat, dan cerdas dalam mengoptimalkan potensi dirinya. Selain itu, TPAM juga mengembangkan program psikoedukasi dan praktek bagi para pengasuh balita dan mahasiswa.

We usually reply with 24 hours except for weekends. All emails are kept confidential and we do not spam in any ways.

Thank you for contacting us :)

Enter a Name

Enter a valid Email

Message cannot be empty

X